Oleh: IRZI
PojokTIM – Dalam puisi Neraka Iklim, Chris Triwarseno berhasil menciptain gambaran mencekam dari krisis iklim yang lagi kita hadapin sekarang. Bukan sekadar ceramah soal perubahan iklim atau tumpukan data, bang, tapi Bung Chris bawa kita ngerasain langsung panas yang menyerang, kekeringan, sampai dampak yang merenggut nyawa. Puisi ini ngasih kita vibe serius, bahkan rada apokaliptik, dan kalau kita bedah lebih dalam, ada sound layering, simbolisme, dan berbagai enjambment yang bikin setiap kata di sini tuh punya makna berlipat. Di bawah ini ane bakal ajak ente buat ngulik bait per bait, lengkap sama kritik sastra dan kutipan-kutipan dari pakar yang mendukung makna dalem dari tiap kalimatnya.
Bait Pertama: Cemas dalam Musim Panas
“cemas bermukim pada musim
yang memeram gelombang panas
menyesak jantung dan paru
membakar napas-napas
dalam neraka iklim”
Di bait pertama ini, Bung Chris buka puisinya dengan sesuatu yang langsung ngena. Dia pake frasa “cemas bermukim pada musim,” yang nunjukin bahwa kecemasan itu udah melekat, kayak nempel di udara. Cemas yang “bermukim” ini tuh bukan sekadar perasaan sementara, tapi udah jadi bagian dari musim—kayak alam lagi ngasih peringatan ke kita. Istilah “bermukim” nambahin kesan kalau rasa cemas ini udah menetap, nggak bakal pergi gitu aja. Ini makin bikin kita ngerasa kayak lagi dikepung sama krisis iklim yang nggak ada ujungnya.
Kalau ente lihat lebih dalem, di sini ada simbolisme yang kuat dari frasa “gelombang panas” dan “membakar napas-napas.” Ini jelas gambarin kondisi iklim ekstrim yang makin gila karena pemanasan global. Puisi ini pake metafora yang nggak terlalu ngejelasin secara gamblang, tapi efeknya tuh justru bikin pembaca ngerasain langsung kepanikan di situ. Soal simbolisme alam dalam puisi, Bang Roland Barthes pernah bilang dalam bukunya Mythologies kalau, “alam dalam puisi itu bukan sekadar latar, tapi bahasa.” Nah, di sini alam dijadikan medium buat nyampein krisis.
Bait Kedua: Data dan Kematian
“1,1 derajat celcius terus merangkak
dalam anomali-anomali suhu
menyusun statistik kematian
yang berderet hitung
: terik, kekeringan, dan kebakaran”
Nah, bait kedua ini lebih realistis. Bung Chris bawa fakta soal peningkatan suhu yang emang serius banget. Dia pake angka “1,1 derajat celcius” bukan cuma buat ngegambarin kenaikan suhu, tapi sekaligus ngasih kita konteks serius—ini angka nyata, coy. Ini bikin bait kedua terasa lebih berat, lebih data-driven, tapi tetap puitis. “Menyusun statistik kematian” ngasih kesan betapa realnya dampak pemanasan global: ini bukan sekadar teori, tapi ada korban nyatanya.
Makna mendalam dari “statistik kematian” tuh kayak ngasih pesan bahwa kenaikan suhu tuh nggak cuma sekadar data, tapi tiap kenaikan angka tuh artinya ada korban baru. Frasa ini ngasih kesan tragedi yang “sistematis,” kayak ada daftar yang terus bertambah seiring naiknya suhu. Bang T.S. Eliot dalam The Waste Land pernah bilang, “puisi adalah rekaman dari kondisi mental masyarakat.” Bait ini bisa dibilang bukti nyata dari kondisi mental manusia sekarang yang hidup di tengah krisis.
Bung Chris pake teknik enjambment yang bikin setiap kata kayak punya waktu buat “napas,” dan ini justru ngasih efek dramatis kayak kita bener-bener ngerasain panas yang bikin nafas sesak. Layering suara dari setiap kata juga mempertegas rasa mencekam, kayak tiap suara “k” di “terik, kekeringan, dan kebakaran” bikin kesan terputus-putus yang nambah ketegangan di sini.
Bait Ketiga: Kisah Maria di Tengah Panas yang Mencekam
“edema paru merenggut ajalmu
di antara diabetes dan jantung
napas tuamu tergeletak sendirian
di rumah eropa tanpa pendingin
saat gelombang panas
menyiapkan peti matimu
: Maria, delapan puluh enam tahun”
Di bait terakhir, Bung Chris bawa kita ke level emosional yang lebih personal dengan ngasih cerita tentang Maria, seorang wanita tua yang jadi korban gelombang panas di Eropa. “Edema paru” di sini adalah istilah medis yang ngasih tau efek langsung dari panas ekstrim terhadap kesehatan. Bung Chris ngasih detail “di rumah eropa tanpa pendingin,” yang nunjukin gimana orang yang tadinya biasa aja di suhu normal, jadi rentan banget saat panas ekstrim datang.
Ini bisa dibilang salah satu teknik zoom-in di puisi. Dari yang awalnya ngomongin bencana alam secara global, sekarang fokus ke satu individu yang bener-bener kena dampaknya. Teknik ini mengingatkan kita pada ekfrasis dalam puisi, di mana penyair menggambarkan sesuatu dengan detail banget untuk ngasih kesan visual yang kuat.
Bung Chris sengaja pake nama “Maria” dan umur yang spesifik, “delapan puluh enam tahun.” Ini bikin kisahnya terasa lebih nyata, lebih ngena di hati. Frasa “napas tuamu tergeletak sendirian” ngasih kesan kesepian dan kerapuhan. T.S. Eliot pernah bilang, “Manusia adalah sekrup kecil dalam mesin besar.” Maria di sini kayak sekrup kecil itu—korban dari sistem yang lebih besar dan tak terkendali.
Neraka di Bumi
Dari bait pertama sampe terakhir, Neraka Iklim bener-bener ngajak kita buat mikirin betapa seriusnya krisis iklim yang kita hadapin sekarang. Bung Chris pake bahasa yang puitis tapi juga realistis banget, nggak terjebak dalam teori doang. Sound layering dan simbolisme dalam puisinya bikin pembaca ngerasain langsung rasa takut, panik, dan bahkan kesepian yang diakibatkan oleh pemanasan global. Buat kita yang ngerasa krisis iklim itu jauh dari kehidupan sehari-hari, puisi ini bisa jadi wake-up call yang sangat kuat.
Bung Chris berhasil banget pake teknik-teknik puitis buat ngegambarin suasana panas yang mencekam dan dampak nyatanya. Dari “cemas yang bermukim pada musim” sampai cerita tentang Maria yang kesepian, dia bikin krisis iklim yang tadinya mungkin cuma ada di berita jadi sesuatu yang bener-bener deket, bahkan personal.
Oktober, 2024
Bionarasi
RZI adalah nama pena Ikhsan Risfandi yang lahir di Jakarta tahun 1985. IRZI sempat menjajal peruntungan sebagai Gitaris Jazz, kemudian banting gitar untuk fokus menempuh kepenulisan puisi Jess & Betawi. Sesekali menulis cerpen dan ulasan puisi. Buku puisi pertamanya ‘Ruang Bicara’ terbit pada 2019. ‘Trivia Kampung Sawah’ terbit di Velodrom pada tahun 2024 ini sebagai bukunya yang kedua. Ikhsan Risfan̈di tinggal di Jakarta.